Bupati Minta Para Camat Memantau Arus Mudik Warga Kuningan Yang Merantau Di Wilayah Zona Merah Covid-19

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2020-04-03 15:30:28+07

photo_2020-04-03_15-21-40.jpg

Koordinasi Antar Wilayah Dalam Penanganan Covid19 melalui video conference.

 

Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH, MH meminta kepada para Camat untuk selalu memantau arus mudik warga Kuningan yang merantau di kota-kota besar seperti, Jakarta, Bekasi, Tangerang dan lain-lain yang merupakan zona merah penyebaran Covid-19.

Hal itu disampaikan Acep, saat menggelar Koordinasi Antar Wilayah Dalam Penanganan Covid19 melalui video conference dengan para Camat se-Kabupaten Kuningan, bersama Wakil Bupati HM. Ridho Suganda, SH, M.Si, Sekretaris Daerah Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kuningan Drs. H. Dadi Hariadi, M.Si, Kepala Dinas Kesehatan dr. Hj. Susi Lusiyanti, MM, dan Kalak BPBD Agus Mauludin, SE di Ruang Rapat Linggajati, Kamis (02/04/2020).

Menurut Acep, saat ini di Kuningan telah tercatat adanya kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP), juga Pasien Dalam Pemantuan (PDP), sehingga berbagai langkah strategis dituangkan dalam kebijakan, baik berupa surat edaran, ataupun himbauan, hal ini harus disikapi dengan arif dan bijaksana, karena semua kebijakan tersebut dikeluarkan sebagai bukti Pemerintah Kabupaten Kuningan sayang pada masyarakatnya.

“Begitu pula pada masyarakat yang pulang merantau, meski masuk ke dalam kategori ODP, kami selalu berharap semoga senantiasa dalam keadaan sehat wal afiat,” ujar Acep.

Acep berpesan kepada para Camat, agar terus melakukan koordinasi bersama Kepala Desa untuk menekan pergerakan masyarakat, serta tetap tinggal di rumah, sekaligus menerapkan Karantina Wilayah Parsial (KWP) di seluruh jalan desa dan kecamatan, seperti yang telah ditetapkan Pemkab Kuningan mulai tanggal 1 April.

Karantina Wilayah Parsial ini, kata Acep, yang diperbolehkan melintas adalah bagi masyarakat yang betul-betul memiliki alasan sangat penting, jelas dan seijin serta lakukan pengawalan dari pihak yang Ada di posko siaga Covid-19. Bupati percaya para Camat dapat melaksanakan tugas dengan baik, meski dengan berbagai kendala yang ada.

"Saya percaya , Selamat bertugas dan jangan panik, kemudian sampaikan kepada para Kepala Desa agar siaga, untuk mendirikan Posko, dan sekali lagi pantau para pemudik, kemudian diharapkan agar mereka melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing. Jika ada masyarakat yang sakit dengan gejala seperti Covid, sampaikan jangan takut dan jangan sungkan untuk berobat ke Puskesmas terdekat,” kata Acep.

Dalam video conference itu Bupati mengungkapkan, untuk para Tim Medis yang sedang bertugas di tiap wilayah Kabupaten Kuningan, pihak pemerintah akan melengkapi mereka Alat Pelindung Diri (APD). Dan para Camat melaporkan kesiapan, serta perkembangan terkait penanganan Covid-19 di wilayahnya masing- masing, dimana dilaporkan mereka, bahwa sejauh ini sudah melakukan berbagai langkah antisipasi sesuai dengan arahan maupun himbauan dari Pemkab Kuningan.

Di akhir video conference, Bupati kembali menegaskan, semua pelarangan dilakukan demi kebaikan semua dan untuk meminimalisir resiko yang mungkin timbul, untuk itu masyarakat diharapkan patuh pada himbauan pemerintah untuk tetap dirumah agar terhindar dari kontak dengan publik. Seraya berharap pada pertengahan pada pertengahan buan April akan ada penurunan signifikan ODP dan PDP di Kabupaten Kuningan.

“Saya ucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik dari semua pihak, tetap semangat dalam menjalankan tugas,” ucap Bupati mengakhiri Vicon.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan Hj. Susi Lusiyanti, MM menuturkan, dengan banyaknya pemudik yang datang dari mulai tanggal 30 dan 31 Maret, maka tanggal 1 April hingga 14 April 2020 harus dilakukan karantina mandiri untuk para pemudik yang sudah ada di Kabupaten Kuningan.
Mengingat kurun waktu 14 hari merupakan Golden Periode, dan diyakini Susi bisa dilalui dengan harapan tanggal 15 April bisa ada penurunan kasus ODP dan PDP, untuk itu Susi meminta kepada para Camat supaya mengawasi dengan baik warga di wilayah kecamatan masing-masing, serta betul-betul melakukan social distancing. (Yud’s)

2 months ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com























Berita Terkini

Categories