Kesadaran Masyarakat Adalah Hal Terpenting untuk Memutus Mata Rantai Virus Corona

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2020-03-25 11:44:32+07

Kesadaran Masyarakat sfsf.jpg

 

Bismillah.

Saudara saudaraku.

Saat ini kita sedang diuji, sejauh mana kepekaan dan kepedulian kita terhadap masyarakat yang ada di sekitar kita.

Saya sangat menyayangkan, ketika ada sebagian masyarakat  terutama yang baru pulang dari Zona Merah Penyebaran Virus Corona yang tidak taat terhadap Program Pemerintah atau tidak serius dalam menyikapi akan bahayanya Virus Corona.

Saya menilai dalam hal ini ada dua faktor yang jadi penyebab masyarakat tidak peduli atau menyepelekan akan bahayanya Virus Corona.

  1. Karena Tidak Tau/Kurangnya Wawasan.

Kurngnya wawasan, baik dari sisi penularannya dan bahayanya Virus Corona bagi dirinya dan bagi masyarakat sekitarnya, ia seolah olah menganggap sedang tidak terjadi apa apa, sehingga himbauan, saran dan atau peringatan dari pemerintah karena ketidak tauannya maka ia abaikan sehingga ia tdk ada ikhtiar agar tidak terjangkit Virus Corona.

Disinilah peran kita sebagai masyarakat yang masih memiliki kepedulian dan rasa kemanusiaan untuk berjuang, berkiprah membantu pemerintah dengan cara memberikan pengetahuan, wawasan dan pemahaman pada masyarakat yang tdk mengetahui bagaimana penyebaran dan  bahayanya Virus Corona bagi keselamatan jiwanya, keluraga dan masyarakat disekitarnya.

(Tentunya dilakukan dengan cara yang tidak beresiko bagi kita tertular Virus Corona, misalkan Via HP).

  1. Adanya Pemahaman (Pola pikir) Yang Berbeda.

Ia berpendapat tdk takut oleh Virus Corona, karena Hanya takut pada Alloh, (Padahal Alloh lebih tau apa yang ada dalam hatinya), atau ia masa bodo, tidak peduli, (asa aing/kumaha aing).

Rasa sombong/angkuh yang demikian sehingga ia tidak mau ikhtiar dengan cara mengikuti program pemerintah.

Manusia diwajibkan untuk berikhtiar, terlebih lagi apabila ia tertular Virus Corona dan menularkan lagi kepada orang lain maka jelas sudah sangat merugikan orang lain dan merupakan perbuatan dholim.

Ia sudah mengabaikan Fatwa MUI, yang mengatur bagaimana seorang muslim harus bersikap/bertindak menghadapai kondisi saat ini.

Ketika kita tdk mampu dan atau tdk mungkin mengingatkannya maka  disinilah kewajiban pemerintah untuk mengingatkan dan bila perlu memberi tindakan, karena kalau di biarkan akibat dari perbuatannya itu,  dapat menimbulkan dampak yang akan sangat merugikan orang lain, bahkan masyarakat sekitar, sehingga dalam kondisi seperti ini, adanya ketegasan dari pemerintah (pihak berwenag) sangatlah berdasar dan harus dilakukan.

Tentunya Kita Sepakat : Orang yang terkena Virus Corona bukanlah sebuah aib, melainkan ujian yang dapat menimpa kepada siapapun, sehingga mengedukasi masyarakat agar masyarakat sadar, itu adalah hal terpenting saat ini*

Maka pada kesempatan ini, saya mengajak kepada saudara saudaraku semua,

Mari kita Berdo'a Pada Alloh Subhanahu Wa Ta'ala agar kita terhindar dari Wabah Virus Corona dan mari kita ikhtiar,

Apabila ada saudara kita, teman ataupun orang lain yang *baru pulang dari Zona merah* maka laporkan Segera pada pemerintahan desa dan atau Petugas kesehatan dan atau polsek, koramil setempat untuk di ketahui, di periksa oleh medis dan didata sebagai ODP (Orang Dalam Pemantauan)

Hal ini sangat penting, sebagai bentuk ikhtiar dan antisipasi untuk memutuskan mata rantai Penyebaran  Virus Corona disekitar kita.

Jadikan moment ini sebagai ladang amal kita untuk  berkiprah sehingga kita menjadi manusia yang membawa manfaat bagi orang lain.

Bangun terus komunikasi, jalin koordinasi, kalau ada warga yang diduga terjangkit Virus Corona langsung laporkan pada *Pemerintah Desa dan atau Pelayan Kesehatan setempat dan atau langsung ke Tim Crisis Center Percepatan Penanganan Covid 19 Kab. Kuningan* yang beralamat di Aula Linggarjati Setda Kab. Kuningan Tlpn. 081388284346

Berjuang kita mati, tidak berjuang kita mati, diam sekalipun kita akan mati.

Penulis : Koordinator Forum Masyarakat Kuningan Peduli Kesehatan (FM-KPK), Dadan Somantri Indra Santana, SH.

4 months ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, ARTIKEL

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com























Berita Terkini

Categories