Oleh Menpan RB Kuningan Dinilai 66 Poin

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2020-02-12 21:12:57+07

Oleh Kjsjsjeek.jpg

Menpan RB Tjahjo Kumolo, bersama Sekda Kabupaten Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanunar, M.Si, dan sejumlah kepala daerah lainnya, pada pemberian penghargaan di bidang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2019, di salah satu Hotel di Kota Batam, kemarin.

 

Kuningan – Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo memberikan penghargaan bagi Kabupaten Kuningan di bidang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2019.

Penghargaan tersebut diserahkan Menpan RB pada Sekertaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, yang mewakili Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH, MH, di salah satu Hotel di Kota Batam, kemarin.

Menurut Tjahjo, pemberian penghargaan tersebut berdasar pada Peraturan Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi Nomor 12 tahun 2015 tentang pedoman evaluasi atas implementasi sistim akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.

“Kabupaten Kuningan mendapat nilai 66 dengan mendapat predikat B. Penilaian ini menunjukan tingkat efektivitas dan efesiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerja, kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaran pemerintah yang berorientasi dan sudah menunjukan hasil yang baik,” kata Tjahjo.

Dia kemudian merekomendasikan lima indikator yang harus dilakukan supaya berlanjutnya perbaikan sasaran dan indikator kinerja, dengan memperhatikan ketepatan kinerja sesuai level jabatan.

Diantaranya dengan meningkatkan pemahaman saluran aparatur tentang menejemen kinerja serta memperkuat keterlibatan pimpinan, sehingga mampu meningkatkan penerepan menajemen kinerja organisasi; menyempurnakan penyusunan kinerja; pembangunan dan pengembangan aplikasi menajemen kinerja mencakup perencanaan, penganggaran dan pelaporan kinerja; serta memperbaiki data yang ada dilaporan kinerja agar laporan tersebut tidak hanya mengungkapkan pelaksanaan kegiatan dan penyerapan anggaran.

Sementar, Sekda Kuningan Dr. H. Dian Rahmat Yanuar, M.Si, mengungkapkan, penghargaan yang diterima merupakan penilaian apakah semua yang dibuat baik dari sisi program, anggaran dan sumber daya manusia di Pemkab Kuningan sudah efetik dan efesien atau tidak.

“Saya berharap dari tahun ketahun Kabupaten Kuningan semakin hari semakin membenahi sistim SAKIPnya. Kita akan mengajak semua elemen mulai dari Camat, Kepala Bagian, dan Kepala Dinas betul-betul menguasai dan kemana arah SAKIP, tujuannya apa,” tuturnya.

Disinggung dengan mendapat nilai B, Dian menyatakan tetap bersyukur, namun kedepan harus lebih baik lagi dengan terobosan atau strategi baru untuk mencapai katagori A, “Tentunya di tahun yang akan datang,” sebutnya.

Turut hadir pada acara penyerahan tersebut Kepala Inspektorat Deniawan, M.Si dan Kabag Organisasi Kabupaten Kuningan Drs. Agus Basuki, M.Si. (Abel Kiranti)

4 months ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com























Berita Terkini

Categories