Peran Perempuan Dalam Mewujudkan Desa Bersinar (Bersih Narkoba)

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2020-03-24 17:10:57+07

Peran Perempuan sffs.jpg

Ilustrasi.

 

Urgensi menghadirkan perempuan dalam misi pembangunan bangsa Indonesia kini semakin digalakkan karena negara tidak akan berdaya bila tidak adanya kerjasama. Kerjasama yang dimaksud adalah lintas generasi dan lintas jender. Kerjasama lintas generasi adalah tanpa memandang usia melainkan berdasarkan kompetensi seseorang. Seadang lintas jender adalah dengan melibatkan peran perempuan untuk mengatasi persoalan bangsa seperti persoalan penyalahgunaan narkoba. Peran seperti apa yang dapat perempuan kontribusikan terhadap persolan narkoba dan bagaimana dapat mengoptimalkan program tersebut hingga ke kalangan keluarga?

Berdasarkan proyeksi penduduk 2015-2045 hasil Survei Penduduk Antar Sensus (Supas) 2015, jumlah penduduk Indonesia sebanyak 269,6 juta jiwa pada 2020. Angka tersebut terdiri atas 135,34 juta jiwa laki-laki dan 134,27 jiwa perempuan. Dari sensus tersebut menampakkan bahwa hampir 50% penduduk Indonesia adalah Perempuan. Dengan jumlah penduduk yang seimbang seharusnya tidak ada ketimpangan jender dalam membangun bangsa Indonesia termasuk pemberantasan narkoba. Kontribusi positif yang dapat perempuan sumbangkan adalah dengan berperan sesuai bidangnya secara professional. Peran tersebut dapat diwujudkan dengan memperhatikan kesehatan pribadi dan keluarga serta lingkungan.

Desa bersinar adalah satuan wilayah setingkat Keluran/Desa yang memiliki criteria tertentu dimana terdapat pelaksanaan program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang dilaksanakan secara massif. Desa Bersinar ini direncanakan, dilaksanakan dan dievaluasi oleh dan untuk masyarakat, pemerintah daerah, pemerintah desa, lembaga non pemerintah dan swasta berperan dalam fasilitasi, pendampingan dan pembinaan.

 

Suatu desa dapat dikatakan sebagai desa bersinar jika memenuhi criteria berikut ini :
- Daerah pesisir;
- Daerah perbatasan;
- Daerah berbatasan dengan kota;
- Adanya tempat Industri;
- Adanya tempat-tempat wisata;
- Desa/Kelurahan di Indonesia.

Sedangkan Tahapan Pembentukan Desa Bersinar antara lain meliputi :

  1. Membangun komitmen
    2. Pemilihan Desa
    3. Penetapan Desa
    4. Menyusun Pokja
    5. Penganggaran
    6. Pencanangan
    7. Pelaksanaan Program dan Kegiatan

 

Untuk menyumbangkan kontribusi peran perempuan dalam menyukseskan program desa bersinar adalah bila perempuan memahami peran yang dimilikinya tersebut dapat diterapkan dalam program ini. Dalam sisi organisasi, perempuan dapat dilibat menjadi panitia pelaksana program desa bersinar ditempat masing-masing. Sedangkan sebagai warga masyarakat,  perempuan dapat menjalankan perannya sebagai istri dan ibu dengan membentengi keluarganya dari bahaya narkoba serta cepat tanggap bila mendapati anggota keluarganya memiliki tanda-tanda penyalahguna narkoba. Untuk itu perlu bagi perempuan mengetahui informasi bahaya narkoba baik dari penyuluh narkoba maupun mencari informasi sendiri.

 

Penulis : Penyuluh BNN Kabupaten Kuningan Novi Khusnul Khotimah.

4 months ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, ARTIKEL

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com























Berita Terkini

Categories